MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR
TEKNOLOGI INFORMASI
Makalah disusun untuk memenuhi syarat tugas mata
kuliah
Ilmu Alamiah Dasar
Dosen Pengampu : Drs. H. Muchyar,
MP.
Devi Lestari (1610116320006)
Devi Lestari (1610116320006)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2016
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pengaruh
globalisasi semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran informasi dalam
berbagai bentuk seperti elektronik maupun non elektronik seperti surat kabar, majalah,
radio, televisi, telepon, fax, komputer, internet, satelit komunikasi dan
sebagainya. Teknologi komunikasi dan informasi yang terus berkembang cenderung
akan mempengaruhi segenap bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan kejuruan
dan pelatihan yang akan semakin banyak diwarnai oleh teknologi komunikasi dan
informasi.
Aplikasi teknologi komunikasi dan
informasi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar global yang
berhubungan dengan jaringan yang menempatkan siswa di tengah-tengah proses pembelajaran,
dikelilingi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar elektronik. Untuk
itu, sistem pendidikan konvensional seharusnya menunjukkan sikap yang
bersahabat dengan alternatif cara belajar yang baru yang sarat dengan
teknologi.
Di zaman modern seperti saat ini komputer bukan lagi
barang yang aneh. Komputer begitu penting terutama sebagai penunjang segala kegiatan
seperti belajar mengajar, bisnis dan lain-lain. Dengan menggunakan komputer seseorang dapat memudahkannya
dalam pekerjaan. Manfaat dari komputer
lainnya adalah :
1. Efisien waktu
2. Menghemat biaya
3. Menghemat tenaga
4. Kecermatan dalam menghitung
Semua orang mungkin
tahu apa itu komputer namun tidak
semua orang tahu sejarah
perkembangan awal dari komputer itu tersebut. Jika berbicara tentang teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari
kehidupan manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi
akan terus menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Hal yang saat ini sedang
menjadi trending topik dan ramai diperbincangkan adalah teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) yang mana merupakan salah satu hal terpenting di abad ini.
Tidak dapat dipungkiri kalau TIK tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.
Mulai dari anak kecil hingga orang tua, pedagang kecil hingga pengusaha besar,
baik disadari maupun tidak sudah begitu tergantung pada TIK.
Jika dilihat dari kacamata sejarah, TIK
sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu.
Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini, manusia sudah mulai mencoba
berkomunikasi dengan simbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal
perkembangan TIK. Manusia yang lebih maju dan modern mampu berkomunikasi secara
lisan dan mulai mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan
ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar.
Salah satu manfaat komputer adalah dalam bisnis dan
perbankan, bidang pendidikan, industri dan manufaktur, teknik dan ilmu
pengetahuan, penerbangan dan kemiliteran. Misalnya dalam bidang pendidikan
dimana dengan pemanfaatan multimedia komputer, proses pembelajaran lebih
bermakna, karena mampu menampilkan teks, warna, suara, video, gerak, gambar
serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif.
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam pendidikan,
salah satunya adalah pembelajaran berbantuan komputer, dalam penggunaannya
menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat beberapa model pembelajaran
berbantuan komputer, yaitu model latihan dan praktik (drill and practice),
model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi
(simulations) dan model permainan (game).
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi
yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan
seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan
satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan
teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Komputer
sudah dapat ditemui dimanapun, misalnya di sekolah, rumah, apalagi
kantor-kantor dan instansi. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
kini sudah semakin pesat, hal itu dirasakan dangan semakin banyak munculnya
peralatan informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Kemudian alat
komunikasi seperti halnya handphone/telepon genggam, pada masa ini hampir semua
orang memilikinya.
Dewasa ini
perkembangan teknologi semakin pesat baik di negara maju ataupun negara
berkembang, termasuk Indonesia. Dalam memasuki era globalisasi sekarang ini, lembaga
pendidikan mempunyai tanggung jawab mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya
manusia (SDM) yang mampu menghadapi semua tantangan perubahan yang ada
disekitarnya yang berjalan sangat cepat. Dengan demikian maka pelaksanaan
proses belajar mengajar di lembaga pendidikan dituntut untuk menggunakan
berbagai macam strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.
Penggunaan teknologi
memungkinkan para pelajar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, bahkan
sikapnya terhadap lingkungan belajar. Perkembangan teknologi adalah sesuatu
yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi
akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan
untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi yang sangat
berpengaruh bagi mahasiswa adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Perkembangan
perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat ini telah membawa
mahasiswa ke globalisasi informasi. Penguasaan terhadap perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi yang serba canggih merupakan suatu perkara penting
untuk dikuasai oleh mahasiswa, karena dapat menjadi dasar untuk menguasai ilmu
pengetahuan lainnya di era globalisasi.
Teknologi Informasi
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data,
sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya
sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat
disebar dan diakses secara global.
Peran yang dapat
diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi
untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi,
dan rohani. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang
menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan. Sopan
santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon seluler (ponsel), dan
email cenderung terabaikan. Penggunaan teknologi sering tidak memperhatikan
etika berkomunikasi.
Perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang semakin pesat, baik mencari informasi maupun menerima informasi
sehingga dapat membantu manusia memudahkan permasalahan yang sedang
dihadapinya. Pada era Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini,
komunikasi merupakan hal yang sangat penting sekali. Komunikasi sangat dibutuhkan
dalam kehidupan seseorang, bisnis, pendidikan. Di lembaga pendidikan, siswa di sekolah
mendapat pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, seperti mempalajari
komputer dan internet.
Pengertian Komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam
memori. Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk
bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita,
tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anak pun
sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang
semakin maju maka dapat mengoperasikan sebuah komputer merupakan salah satu
tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Berbicara mengenai
komputer, tidak lepas dari sejarah perkembangan komputer dari generasi ke
generasi itu sendiri. Banyaknya para pakar yang berusaha untuk menghadirkan komputer
terbaik yang dapat digunakan manusia selama bartahun-tahun sehingga terciptalah
komputer yang praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia.
Sebelum kita
membahas lebih jauh tentang Teknologi Informasi terlebih dahulu kita akan
membahas tentang Teknologi dan Informasi. Teknologi adalah cara atau metode
serta proses atau produk yang bisa menghasilkan informasi demi pemenuhan
kebutuhan dan peningkatan mutu kehidupan manusia. Sedangkan informasi adalah
hasil dari data yang telah mengalami proses tertentu (pengolahan data) atau
dengan kata lain kita dapat mengambil atau mengekstrak informasi dari data yang
ada. Jadi teknologi informasi adalah pemanfaatan teknologi yang berhubungan
dengan masalah informasi ditinjau dari segala aspek mulai dari pengumpulan data
menjadi informasi sampai dengan proses penyampaian serta pemanfaatan informasi
bagi orang yang membutuhkan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian teknologi informasi?
2. Bagaimana sejarah teknologi informasi?
3. Bagaimana peranan teknologi Informasi?
4. Apa saja mamfaat teknologi informasi?
5. Bagaimana perkembangan dan implikasi TI dan
TIK dalam pendidikan di Indonesia?
6. Apa fakta tentang perkembangan ilmu informatika dan
kebutuhan SDM di Indonesia?
7. Apa dampak positif dan negatif Perkembangan
Teknologi khususnya dalam kehidupan remaja?
8. Bagaimana proses perkembangan komputer dari
generasi kegenerasi?
9. Apa yang dimaksud dengan aplikasi
komputer (software) dan apa saja aplikasi komputer yang digunakan
dalam dunia Pendidikan?
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan dari pembahasan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Memenuhi
salah satu tugas mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar.
2.
Untuk
mengetahui definisi teknologi informasi.
3.
Untuk mengetahui
sejarah teknologi informasi.
4.
Untuk mengetahui
peranan teknologi informasi.
5.
Untuk mengetahui perkembangan dan implikasi TI dan TIK dalam
pendidikan di Indonesia.
6.
Untuk
mengetahui fakta tentang perkembangan ilmu informatika
dan kebutuhan SDM di Indonesia.
7.
Untuk
mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan dari penggunaan aplikasi Teknologi
Informasi dalam kehidupan.
8.
Untuk
mengetahui proses perkembangan komputer dari generasi kegenerasi.
9.
Untuk
mengetahui apa saja aplikasi komputer yang ada dari dahulu sampai sekarang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi, adalah payung besar terminologi yang
mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan
teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi
Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala
kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan
informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara
teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan
teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi
tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad
ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik
jenuhnya. Adapun pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menurut
para ahli :
1. Menurut Susanto Teknologi Informasi
dan Komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan
untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data atau informasi maupun
memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat
berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
2. Menurut Eric Deeson, Harper Vollins
Publishers, Dictonary of Information
Technology “Information Technology (IT) the handling of information by
electricand electronic (and microelectronic) means.” Here handling includes
transfer, processing, storage and access, IT special concern being the use of
hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and
society as a whole.” Dari penjelasan diatas : kebutuhan manusia didalam
mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial
yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Bagaimana
implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara
keseluruhan tidak didefinisikan secara lebih khusus.
2.2 Sejarah Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Pada awal
sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah
teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan
oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya
bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan
informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka
informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa
disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu,
meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan
terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu
teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar
jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan
disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan
lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang
sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin
disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya
alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih
efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa
dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII
diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan
informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi
lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
Ada beberapa tonggak perkembangan
teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga
saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun
1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi
dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti
pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan
infrastruktur masih pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.
Memasuki abad ke-20, tepatnya antara
tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran
radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang
pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang
berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama
beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen
elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated
electronics) pada tahun 1957.
Perkembangan teknologi elektronika,
yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era
Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok
Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat
upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa
maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui
penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor.
Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi
sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi
digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai
terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi
perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang
sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil
konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas
infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content)
berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi
telekomunikasi–komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21,
sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri
menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital
(karena konvergensi telekomunikasi–komputasi multimedia terjadi melalui
implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau
setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.
Seiring dengan perkembangan zaman
masyarakat sekarang pun sudah dapat dikatakan sebagai masyarakat informasi
karena masyarakat sekarang lebih banyak
yang bekerja dalam bidang informasi daripada bidang pertanian dan industri.
Hal ini terbukti dengan munculnya berbagai alat untuk mempermudah manusia dalam
memperoleh informasi dan semakin berkembangnya pola pikir manusia mengenai
informasi maupun teknik informasi.
Teknologi adalah ilmu yang berkaitan
dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke aplikasi
praktis dari sains dalam industri atau bisnis. Teknologi informasi merupakan
istilah untuk mendeskripsikan teknologi-teknologi yang memungkinkan manusia
untuk mencatat (record), menyimpan (store), mengolah (process), mengambil kembali (retrieve),
mengirim (transmit), dan menerima (receive)
data. Selain itu, kita bisa melihat perkembangan teknologi informasi itu dengan
diciptakannya berbagai macam alat untuk menambah informasi, misalnya: handphone,
komputer, internet, dan lain-lain.
Teknologi Informasi mengalami
perubahan yang signifikan, jika dulu manusia menggunakan goresan atau gambar,
alat hitung, arsip atau telegraf. Sekarang manusia jauh lebih cerdas karena
banyaknya alat Teknologi Informasi yang bermunculan seperti komputer, faks,
ataupun dengan telekonferensi manusia bisa memperoleh informasi. Informasi
sangat diperlukan oleh masyarakat karena jika terjadi sesuatu kepada seseorang
diantara mereka maka orang yang satu bisa menyampaikan informasi dengan cepat
dengan menggunakan alat komunikasi seperti handphone atau yang lainnya. Tidak
seperti dulu, mereka menggunakan asap, morse atau yang lainnya untuk
menyampaikan informasi. Bisa dibayangkankan betapa lamanya sebuah informasi
bisa sampai ke orang lain. Selain itu, masih banyak media yang bisa digunakan
untuk memperoleh informasi seperti pustaka (ilmiah, semi-ilmiah, populer), media
massa (cetak, radio, TV), lisan (wawancara, atau telepon), tulisan (surat, faks), perangkat bantu, manual
(pensil, pena dan kertas), mesin mekanis (mesin ketik), alat telekomunikasi
(handphone, telepon), alat elektronik (komputer).
Sebuah informasi akan dikatakan
berguna jika akurat artinya informasi yang dikabarkan itu sesuai dan baru saja
terjadi, lengkap artinya informasi yang diajukan tidak setengah-setengah, dapat
dipercaya artinya informasi yang diajukan benar
adanya, berdasarkan fakta artinya informasi tersebut benar-benar terjadi
dan ada bukti yang bisa mempertegas hal tersebut, tepat waktu artinya informasi
yang diajukan baru saja terjadi, tidak terkontaminasi artinya informasi
tersebut itdak mengada-ada dan tidak bercampur dengan berita yang lain.
Teknologi
informasi sangat penting bagi kehidupan sekarang ini karena teknologi informasi
memiliki dampak yang cukup besar dan signifikan, struktur manajemen organisasi
dan proses bisnis sedikit banyak dipengaruhi oleh teknologi informasi. Selain
itu, kesempatan karir pun sangat banyak di teknologi informasi.
Sejarah perkembangan Teknologi
Informasi. Teknologi Informasi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berikut
ini adalah penggolongan Teknologi Informasi sejak zaman purba:
a.)
Manual:
sangat sederhana, pemakaian alat adalah dengan menggunakan tangan manusia.
Misalnya pada tahun 2500SM, manusia menggunakan abacus untuk berhitung. Dan pada tahun 400SM mereka menggunakan kulit binatang untuk menyampaikan
informasi.
b.)
Mekanik:
sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual. Pada zaman
ini sudah mulai terjadi perubahan, misalnya: pada tahun 1623 seorang ilmuwan
dari Jerman yang bernama Wilhem Schikard menemukan mesin penghitung pertama. Kemudian penemuan ini semakin
berkembang dengan ditemukannya mesin penghitung otomatis pertama. Dilanjutkan
dengan penemuan-penemuan lain yang tentu saja mempemudah kerja manusia.
c.)
Mekanik
elektronik: peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor
elektronik. Pada abad para Ilmuwan pun menemukan berbagai penemuan mesin elektronik, misalnya
pada tahun 1920 seorang ilmuwan berkebangsaan Spanyol yaitu Leonardo Toressy
Quevedo menemukan mesin penghitung otomatis pertama, selanjutnya pada tahun
1938 seorang ilmuwan bernama George R. Stibitz. Dan masih banyak penemuan
lainnya.
d.)
Elektronik:
pada zaman ini peralatannya bekerja menggunakan elektronik penuh dan tidak dibantu
lagi oleh tangan manusia. Pada tahun 1942 beberapa ilmuwan dari IOWA College
menemukan komputer digital elektronik pertama yang mereka namai Atanasoff-Berry
Computer yang penemunya bernama John V. Atanasoff, dan Clifford Berry. Dan pada
tahun 1944 Prof. Howard Aiken dari Universitas Harvard melakukan operasi
aritmetika dan logika secara otomatis. Dan sampai sekarang para ilmuwan telah
menemukan berbagai macam penemuan lain salah satunya komputer. Komputer yang
ditemukan oleh para ilmuwan dimulai dari komputer generasi pertama sampai
generasi keempat.
2.3. Peranan
Teknologi Informasi
1.
Bidang
pendidikan (e-education)
Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan gurunya, melihat nilai
mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan
berkas tugas yang diberikan guru dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.
Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah
tidak adanya interaksi antara guru dan mahasiswanya.
Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat
meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk
pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi
kesejahteraan ekonomi. Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas
dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa
mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner,
serta terkait pada produktivitas kerja dan saat itu juga kompetitif. Kecenderungan
dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
a.
Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus
belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan
pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukkan sebagai strategi utama.
b.
Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan /
latihan dalam sebuah jaringan.
c.
Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru,
laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak
buku.
d.
Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif,
seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan
Video.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam
bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar
jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara
mahasiswa dengan gurunya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan,
melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan guru dan
sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance
learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara
guru dan mahasiswanya.
Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan
interaksi antara guru dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu
nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu
chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online
meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list,
discussiongroup, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara
di atas interaksi guru dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun
tidak 100%.
Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara
pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi
guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian
pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh guru dapat pula dilakukan dengan
cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung
dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran
online.
2.
Dalam
Bidang Pemerintahan (e-government).
E-government mengacu pada penggunaan
teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan
internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis,
dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara
publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih
umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada
intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat
meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan
teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C
(Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to
Government).
Manfaat e-government yang dapat dirasakan
antara lain:
a. Pelayanan servis
yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7
hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat
dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor
pemerintahan.
b. Peningkatan
hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya
keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak
menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan
dari semua pihak.
c. Pemberdayaan
masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang
mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai
contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat
ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah
yang pas untuk anaknya.
d. Pelaksanaan
pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat
dilakukan melalui e-mail atau bahkan video confere
3. Peran Komputer Dalam
Berbagai Kegiatan Manusia
a. Bidang Bisnis dan Perbankan
b. Bidang Industri dan
Manufaktur
c. Bidang Teknik dan Ilmu
Pengetahuan
d. Bidang Penerbangan dan
Kemiliteran
e. Bidang Kedokteran
f. Dalam Bidang Kriminalitas
g. Bidang Entertainment dan
Permainan
h. Bidang Pemerintahan
i. Bidang Transportasi
j. Bidang Pertahanan dan
Keamanan
2.4. Manfaat TIK dalam
bidang sosial
1. Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
2. Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
3. Meningkatkan informasi kesehatan. Untuk melihat peluang yang lebih luas
untuk memasarkan produk setempat.
4. Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce
Pemanfaatan teknologi
informasi pun dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang
dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja
pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang
cenderung tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat
hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih
effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa
teknologi Informasi dapat menggantikan cara konventional, orang mulai melihat
kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat
eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting,
mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai
menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang didapatkan,
teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam
proses bisnis.
2.5. Perkembangan
dan Implikasi TI dan TK dalam pendidikan di Indonesia
Kecenderungan perkembangan dan implikasi
dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah Berkembangnya pendidikan
terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance
Learning). Sharing resource
bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan. Penggunaan
perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam
pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. DISTANCE LEARNING Dengan
adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat
ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan
media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat
nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah,
mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu
sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini
dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya.
Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan
interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau
tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom,
interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang
tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group,
newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi dosen dan mahasiswa
di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi,
ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam
web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di
download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen
dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga
dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di
dukung dengan metode pembayaran online.
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web
antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:
1.
Pusat
kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learning harus mampu
menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat
menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.
2.
Interaksi
dalam grup; para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk
mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group
ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
3.
Sistem
administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai
status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.
4.
Pendalaman
materi dan ujian; biasanya dosen sering mengadakan kuis singkat dan tugas yang
bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test
pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based
distance learning
5.
Perpustakaan
digital; pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak
terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan
sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
6.
Materi
online diluar materi kuliah; untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan
bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat
langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada
mahasiswa lainnya melalui web.
Contoh lain pemanfaatan
atas perkembangan TI dan TK untuk pendidikan di indonesia: Perpustakaan
elektronik (e-library) Revolusi
teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga
membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan
arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan
mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam
berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke
internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan
menjadi tidak terbatas. Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail,
seorang guru, orang tua, pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling
berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat laporan perkembangan siswa dan
prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar
diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitan materi pelajaran dapat
bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru bidang studi. Demikian
pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan tugas via e-mail kepada
siswa.
Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan audio. Jurnal atau majalah ilmiah salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah kurangnya akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia.
Pengembangan homepage dan sistem distribusi bahan belajar secara elektronik (digital). Sistem pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam. Video teleconference, keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar mengajar yang bersifat sosial. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses eksperimen dari seorang guru.
Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan audio. Jurnal atau majalah ilmiah salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah kurangnya akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia.
Pengembangan homepage dan sistem distribusi bahan belajar secara elektronik (digital). Sistem pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam. Video teleconference, keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar mengajar yang bersifat sosial. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses eksperimen dari seorang guru.
Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi
sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama, yaitu temuan telepon oleh Alexander
Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi
pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel
komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon
ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad
ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun
segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen
elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal
TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat)
dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu
perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun
mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan
rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang
menjadi 'otak' perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini.
Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan
batas-batas maksimal pengeksplorasiannya digitalisasi perangkat telekomunikasi
kemudian.
Berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak
awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil
konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content)
berupa multimedia mendapatkan
tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi-komputasi multimedia inilah yang menjadi
ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18dicirikan oleh revolusi industri. Bila
revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti 'otot' manusia, maka
revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi-komputasi multimedia
terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang
mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) 'otak' manusia.
2.6. Fakta
tentang Perkembangan Ilmu Informatika dan Kebutuhan SDM di Indonesia
Ilmu informatika adalah ilmu yang saat ini
sangat dibutuhkan dimanapun berada. Di Indonesia saat ini yang paling banyak
digemari adalah informatika dengan tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi
dibandingkan dengan sistem komputer dan sistem informasi. Ini berawal dari tahun
1990-an saat komputer pertama kali diperkenalkan di dalam dunia pendidikan di
Indonesia setelah itu baru muncul ilmu-ilmu mengenai komputer. Dan semenjak itu
juga perguruan tinggi yang ada di Indonesia mulai membuka program studi
komputer yaitu Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Ilmu Komputer, dan
Sistem Informasi. Lulusan Teknik Informatika mempunyai kesempatan kerja yang
sangat luas, pada sektor industri dan bisnis di mana komputer digunakan secara
intensif seperti pada industri manufakturing, perminyakan, perbankan,
konstruksi, asuransi, transportasi, kesehatan, penelitian pendidikan dan
lain-lain.
Informatika adalah ilmu yang digabungkan
antara ilmu murni dan ilmu terapan. Aspek kognitif dan komunikasi manusia,
karena penggunaanya tetap manusia dan perangkat keras maupun perangkat lunak
dibuat nyaman untuk dipakai oleh manusia (aspek multimedia, human computer
interaction). Tetapi saat ini ilmu informatika mencakup antara lain :
Informatika teoritis, Informatika dasar (pemograman), Sistem (Sistem Operasi,
kompilator, dan perangkat lunak sistem yang lain), Sistem Informasi (SIM, DSS,
EIS), Jaringan Komputer, Basis Data, Intelegensi Buatan, Robotika, Grafik dan
citra, serta Perhitungan Numerik. Saat ini Informatika adalah salah satu bentuk
ilmu di Indonesia yang sedang membangun kemajuan IPTEK dari negara lain. Jika
kita membahas mengenai perkembangan dalam bidang Informatika beserta
teknologinya dalam era informasi saat ini,maka kita juga harus mulai berfikir
tentang pembangunan SDM Informatika yang profesional dibidangnya. Saat sekarang
ini kebutuhan akan sumber daya manusia mengenai informatika masih sangat kurang.
Padahal lulusan informatika memiliki peluang kerja yang sangat besar karena
lulusan tersebut merupakan penunjang kebutuhan sumber daya disemua perusahaan.
Lulusan informatika bisa bekerja sebagai programmer, admin database, penganalisis
perangkat lunak serta bagi yang menguasai jaringan komputer bisa membuka usaha
sendiri sebagai jasa pembentukan jaringan komputer/internet. Dari semua pekerjaan
yang bisa didapatkan kita tidak perlu ragu lagi karena teknologi akan selalu
berkembang dan kebutuhan sumber daya manusia pun akan selalu dibutuhkan untuk
mengaplikasikannya. Beberapa program studi yang tercakup dalam ruang lingkup
disiplin computing yaitu :
1.
Sistem
Informasi : kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang
menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Sistem
informasi sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses
algoritma, data, dan teknologi.
2.
Sistem
Komputer : ilmu yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang
melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan
perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
3.
Teknik
Telekomunikasi : teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu
tempat ke tempat lain.
4.
Teknik
Informatika : ilmu yang mempelajari masalah transformasi atau pengolahan data
dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses
logika.
Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976,
Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA
I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia,
karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem
ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan,
bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian.
Komputer perkembangan perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantor pun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer.
Komputer perkembangan perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantor pun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer.
2.7. Dampak
Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi
Dalam bidang pendidikan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan guru
dan teman-teman. Dapat mencari informasi-informasi pendidikan melalui internet.
Munculnya media elektronik sebagai penunjang pembelajaran. Menjadikan metode-metode baru dalam kegiatan pembelajaran, sehingga tidak merasa jenuh. Efisiensi waktu. Karena tugas dapat di kirimkan melalui via online. Dalam bidang pendidikan perkembangan TIK berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa, guru dan guru, dan antar guru siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah.
Munculnya media elektronik sebagai penunjang pembelajaran. Menjadikan metode-metode baru dalam kegiatan pembelajaran, sehingga tidak merasa jenuh. Efisiensi waktu. Karena tugas dapat di kirimkan melalui via online. Dalam bidang pendidikan perkembangan TIK berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa, guru dan guru, dan antar guru siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah.
a.)
Dalam
bidang informasi dan komunikasi dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang
sangat jauh dari kita melalui telepon/handphone. Mendapatkan informasi lengkap
mengenai keadaan seisi bumi melaui internet. Memudahkan dalam pelayanan
perbankan.
b.)
Dampak
Positif penggunaan TIK juga memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat
saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan
dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat, aktivitas komunikasi antar
dua tempat yang berjauhan menjadi lebih muda dan cepat menggunakan alat-alat
teknologi informasi dan komunikasi.
c.)
Dalam
bidang sosial kompetisi yang tajam sehingga mendorong generasi muda yang
berwawasan luas. Menumbuhkan rasa percaya diri.
Dampak negatif Teknologi Informasi :
a.)
Dalam
bidang pendidikan mengendorkan keinginan belajar anak. Dengan adanya game
online, fb, twitter dan lainnya. Disalahgunakan pemakaiannya untuk melihat
situs-situs yang ditujukan untuk orang dewasa. Kemerosotan mental remaja.
b.)
Dalam
bidang informasi dan komunikasi oknum-oknum yang memanfaatkan situs seperti fb,
sebagai media perkenalan yang didasari modus penculikan.
c.)
Merajalelanya
aksi penipuan melalui situs tertentu. Dalam bidang sosial, mengikuti gaya hidup
luar negeri
2.8. Kemajuan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap
Kehidupan Remaja
Kemajuan teknologi adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan
ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat
positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara
baru dalam melakukan aktifitas
manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah
dihasilkan dalam dekade terakhir
ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan
manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negative.
Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring
dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi
antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya
alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone,
facebook, twitter dan lain-lain.
Memang sangat bagus bagi
para remaja, karena bisa menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah
menemukan informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca.Inilah yang
menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang
memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam
waktu yang sangat cepat.
Twitter dan facebook juga tidak kalah saingnya dengan internet, karena di
twitter dan facebook para siswa bisa bergaul dengan orang lain, meskipun mereka
tidak tahu siapa yang diajak berkenalan, karena itu hanya terjadi didunia maya.
Twitter dan facebook sudah menjadi trend dikalangan remaja, tidak hanya
dikalangan siswa saja yang mempunyai facebook dan twitter, anak-anak dan orang
tuapun mempunyai twitter dan facebook. Terlalu banyaknya peminat atau pengguna
facebook dan twitter, banyak sekali orang-orang yang membuka warnet, tetapi
tidak hanya lewat warnet saja, kita pun dengan mudah bisa membuka twitter dan facebook di handphone.
Dan terlalu banyaknya
pengguna twitter dan facebook, para siswa sekarang jarang sekali yang membuka
internet, padahal di internet kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang
penting dan bermakna yang belum pernah kita ketahui, diantaranya informasi di
bidang pendidikan yang memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari
disekolah, misalnya tentang rumus-rumus
matematika, fisika, kimia dan juga latihan
soal-soal.
Karena banyak sekali para
siswa pengguna jaringan teknologi informasi (internet). Tidak mengakses suatu hal yang sewajarnya, mereka telah memanfaatkan
dengan menyalahgunakan kecanggihan teknologi dengan mengakses galeri-galeri
yang bernuansa pornografi, yang semuanya itu sangat tidak wajar bagi para
pengguna khususnya para siswa untuk
memanfaatkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak
normatif. Membuka situs-situs
video porno, gambar porno tidak sesuai dengan hal yang dibutuhkan dibidang
pendidikan.
Padahal hal seperti ini bisa
membahayakan seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan
hubungan seks tanpa ada ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa juga
menimbulkan penyakit seperti HIV atau AIDS. Karena kita tidak
tahu, pasangan yang diajak hubungan seks mempunyai penyakit yang mematikan itu
apa tidak. Hal ini membuat para orang tua dan guru prihatin sekaligus khawatir
akan perkembangan moral mereka.
Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Memang kemajuan teknologi saat ini tidak bisa
dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagi informasi yang terjadi diberbagai
belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi
(Globalisasi).
Pada hakikatnya, kemajuan
teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita
hindari, dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi yang
telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir
masyarakat, terutama di kalangan remaja. Memang pengaruh kemajuan teknologi
zaman dahulu dan di zaman sekarang berbeda, di zaman dahulu teknologi belum
secanngih di era zaman sekarang.
Semakin canggihnya dunia teknologi, semakin canggih pula cara orang
menyampaikan informasi. Dengan semaraknya media informasi seperti sekarang ini,
di satu sisi memberikan kita dampak yang positif, tapi di sisi lain jusru
menjadi bumerang bagi keberlangsungan hidup para generasi muda Islam terutama
para remaja muslimah.
Dengan adanya informasi yang
semakin mudah didapatkan, membuat mudah pula kita mengetahui kejadian yang
sangat jauh dari kehidupan kita. Untuk mengetahui keadaan Amerika hari ini,
tidak usah pergi ke Amerika, atau menelpon George W Bush atau pusat informasi
di Amerika, tapi dengan berbaring di atas kasur dalam kamar, sambil memegang
remote control televisi, maka kita sudah tahu kejadian hari ini di Amerika. Itulah salah satu
bukti canggihnya teknologi masa kini. Tapi,
maraknya kekerasan, pelecehan, hilangnya tata krama, berubah drastisnya budaya,
lunturnya norma agama dan tindakan-tindakan negatif lainnya, juga tidak lepas
dari peran media yang hanya mencari keuntungan, tanpa memikirkan bagaimana
generasi muda. Kemajuan teknologi saat ini
tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah
dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi).
Kalau dahulu kita mengenal
kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya
berganti; "dunia saat ini selebar daun kelor", karena cepatnya akses
informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit
dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika meskipun kita
berada di Indonesia. Tentu kemajuan
teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat
manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.
Perubahan ini juga
memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada
di masyarakat. Khususnya masyarakat
dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Ketika memutuskan untuk
memberikan HP kepada anak, alangkah baiknya orang tua juga mengawasi dan
mengarahkan anak agar anak tidak lepas kontrol dalam menggunakan HP. Tidak ada
salahnya sewaktu-waktu kita memeriksa HP anak untuk mengetahui isi yang ada di
dalamnya dengan meminta ijin anak terlebih dahulu. Karena dengan meminta ijin, anak akan merasa dihargai dan itu memberikan
pengaruh yang besar terhadap pribadinya dan juga membentuk kesan positif dalam
diri mereka tentang pribadi kita sebagai orang tua. Ketika kita dapati mungkin
ada video porno di HP anak, jangan langsung bersikap menghakimi dan menghukum
layaknya seorang polisi, akan tetapi alangkah baiknya kita tanyakan kepada anak
darimana dia mendapat video itu dan untuk apa dia menyimpannya. Apapun jawaban
anak, orang tua tidak boleh bersikap menghakimi dan menyalahkan anak, apalagi
memarahi anak dan berlaku ringan tangan.
Akan tetapi kita ajak anak
berdiskusi/sharing mengenai hal tersebut, apa hal itu bermanfaat dan apa
dampaknya bagi anak, dan jangan lupa, ketika berdiskusi, kita juga harus mendengarkan
pendapat anak dan memberikan pengarahan yang tepat. Karena apapun alasannya,
kekerasan tidak menyelesaikan masalah, sekali kita berlaku kasar apalagi main
tangan terhadap anak kita, sesungguhnya kita telah menorehkan luka dihatinya,
yang sampai kapanpun luka itu tidak akan pernah sembuh dan akan terus membekas
di sanubarinya. Selain HP, kemajuan teknologi juga di tandai dengan masuknya
akses internet, internet saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan
dari kehidupan remaja. Lewat internet, mereka bisa mengakses segala informasi
dari seluruh dunia. Tentu tidak semua informasi yang disajikan adalah informasi yang layak di akses oleh
remaja. Karena terkadang lewat
internet mereka dapat dengan bebas menyaksikan segala hal yang berbau
pornografi dan pornoaksi yang memang dapat di akses dengan mudah di dunia maya
(internet).
Hal ini tentu menimbulkan
efek yang kurang baik bagi perkembangan kepribadian remaja. Dari yang semula
mereka merasa tabu tentang seks, sampai akhirnya mereka melihat seksualitas
yang di obral di internet tanpa pengarahan serta bimbingan yang tepat dan mereka
merasa penasaran bahkan mencobanya. Karena itu, tak heran jika saat ini pergaulan
remaja menjadi sangat mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat terutama para
orang tua.
Teknologi dapat memberi efek ketergantungan seperti pada media komputer yang memiliki kualitas
atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya.
Terlalu atraktifnya, membuat penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri
yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa
menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan bermain games yang ada.
Ketergantungan dapat
ditanggulangi atau diminimalisasikan dengan adanya bantuan dari lingkungan dan
orang-orang sekitar kita, yang dapat menyadarkan pengguna addict tersebut
dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih menarik dari pada yang ditawarkan
oleh komputer. Serta memberikan motivasi untuk memperbanyak kegiatan di luar
rumah (menyibukkan diri) seperti olahraga, traveling, bersosialisasi dengan
teman, maka akan lebih sedikit waktu yang dihabiskan di depan komputer.
Kemajuan teknologi berdampak pada
kemudahan akses terhadap setiap teknologi sepeti ponsel, komputer, tablet, atau
pun laptop. Permasalahannya, ketika anak kecil mulai kecanduan internet hal itu
memberikan pengaruh terhadap perkembangan mental dan psikologisnya. Para peneliti sejak lama mengamati hal ini. Sekian lama mengkaji dan menelaah dampak internet pada anak, mereka
memutuskan untuk memasukan kecanduan internet pada anak tergolong pada gangguan
mental.
Hal itu juga termasuk pada mereka
yang kecanduan ponsel pintar, atau komputer rumahan sekalipun. Peneliti Australia yang tergabung dalam masyarakat Psikologis Australia (PSA) telah menyampaikan usulannya itu
kepada masyarakat internasional. Ketika itu diterima, maka akan dilakukan studi
lanjutan guna memastikan
kelayakan usulan tersebut. Peneliti Universitas
Teknologi Swinburne, Mike Kyrios mengatakan studi lanjutan akan dilaksanakan
dengan harapan para profesional kesehatan dapat mendiagnosa anak-anak terkait
prilaku adiktif sebagai dampak dari penggunaan teknologi secara berlebihan.
Mereka, nantinya akan memberikan solusi penyembuhan ketergantungan tersebut.
Secara umum, penggunaan
teknologi berlebihan dapat menjadi masalah potensial, Psikolog Emil Hodzic menyambut baik niatan itu
sebab terdapat banyak permintaan orang tua terkait masalah kecanduan teknologi.
Jika anak mulai frustrasi hal tersebut berbahaya. Dimana biasanya
tanda khas dari kecanduan adalah adanya gejala penarikan diri. Ia mengungkapkan sebanyak 70 persen kliennya adalah anak-anak dan remaja.
Mereka yang datang kebanyakan mengaku kesulitan untuk tidak mengakses
internet.
Sementara itu, Psikiater
Rhoshel Lenroot cukup berhati-hati dengan usulan tersebut. Sebab, inti permasalahan yang
ada adalah tidak adanya ketidakseimbangan. "(Sebenarnya) tidak ada yang salah dengan teknologi," ujarnya.
Berikut adalah gejala kecanduan teknologi :
Berikut adalah gejala kecanduan teknologi :
1. Lupa waktu atau
mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet terlalu lama.
2. Menarik diri
seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses.
3. Kebutuhan akan
peralatan komputer yang lebih baik dan lebih banyak untuk dimiliki memiliki
derajat kepuasan yang sama.
4. Sering berkomentar,
berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini
merupakan dampak negatif dari penggunaan internet yang berkepanjangan.
5. Kurang perhatian,
gangguan hiperaktif, depresi, kecemasan, rendah kepercayaan diri, impulsif,
tidak tahu malu, dan cenderung mau bunuh diri.
Menurut para ahli psikologi
masa remaja merupakan masa yang paling rentan dalam perkembangan kejiwaan anak.
Pada usia remaja ini, anak telah meninggalkan usia kanak-kanak dimana mereka
tidak dapat disebut lagi sebagai anak kecil, tapi juga belum bisa diterima
dalam kelompok orang dewasa. Pada masa ini anak telah mulai mencari-cari siapa
dirinya sebenarnya (looking for identity/identity
formation), berusaha untuk menemukan kelompok atau teman-teman yang mau
mengakui kemampuan dan menghargai dirinya dan telah mulai memiliki minat
terhadap lawan jenis (minat seksual).
Masa remaja adalah masa
pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja
tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal
dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah,
bagaikan kapal yang kehilangan kompas, dan itu akan berdampak tidak baik
terhadap perkembangan kepribadiannya dimasa yang akan datang. Itulah kenapa,
masa remaja adalah masa yang paling rawan terhadap pengaruh yang datang dari luar. Baik pengaruh positif ataupun pengaruh negatif, disinilah peran sebagai
orang tua di butuhkan untuk dapat membimbing dan mengarahkan anak remaja agar
tidak kehilangan kontrol dirinya (self control).
Dunia ini diciptakan berpasang-pasangan, ada positif ada negatif, maka
selain dampak postifnya, pengaruh teknologi dalam permainan anak juga memiliki beberapa dampak negatif, yang
sebagian sudah dibahas
diatas, yaitu kuper atau kurang
sosialisasi, kecanduan bermain game, gangguan kesehatan, kerusakan moral, kriminalitas dan kurangnya kreativitas
dan imajinasi.
Solusi yang tepat untuk menghadapi masalah-masalah
yang dijelaskan dalam masalah ini adalah peran orang tua. Karena disini peranan
dari kedua orang tua sangatlah penting.
Kedua orang tua diharapkan dapat membimbing dan mengawasi anak-anaknya dalam
menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sehingga anak-anak dapat
mengerti hal apa saja yang termasuk hal yang baik dan hal yang kurang baik. Dan
juga terdapat beberapa cara untuk mencegah dampak-dampak negatifnya.
1. Orang tualah yang
seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan
internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet.
2. Gunakan software
yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program
nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala
akses yang berbau seks dan kekerasan.
3. Letakkan komputer
di ruang publik rumah untuk mempermudah pengawasan.
4. Tanamkanlah nilai
kebersamaan terhadap sesama, karena kebersamaan akan mewujudkan hubungan serta
emosi yang sangat dekat.
2.9. Proses
Perkembangan Generasi Komputer
Perkembangan
teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas empat
generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang
berukuran “big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.
1.
Generasi
Pertama
Komputer generasi
pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Saat ini merupakan zamannya
komputer-komputer raksasa, seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC.
Karakteristik komputer pada zaman ini
ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur, mengunakan tube
vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah
atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin
dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih.
Komputer genarasi pertama ini disebut juga
sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang
yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan
daya komputesinya sangatlah lambat. Ciri-ciri komputer generasi pertama :
a.
Silinder
magnetik untuk menyimpan data.
b.
Komponen
yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
c.
Kapasitas
penyimpanan kecil.
d.
Program
cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
e.
Ukuran
fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
f.
Cepat
panas.
g.
Proses
kurang cepat.
h.
Memerlukan
daya listrik yang besar.
i.
Orientasi
pada aplikasi bisnis.
Komputer generasi pertama memiliki
sifat-sifat sebagai berikut :
a.
Ukurannya
besar dan memerlukan tempat yang sangat luas.
b.
Banyak
Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas.
c.
Prosesnya
relatif lambat.
d.
Memerlukan
Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
2.
Generasi Kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat
berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan
tube vakum di televisi, radio, dan komputer.
Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori inti
magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemprosesan
data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly (Fortran dan
Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada
masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.
Komputer generasi kedua ini muncul pada era
1960-1964 dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan-perusahaan
khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer
generasi pertama yaitu kira-kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga
manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi. Ciri-ciri
komputer Generasi kedua :
a.
Kapasitas
memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage.
b.
Berorientasi
pada bisnis dan teknik
c.
Tidak
terlalu banyak mengeluarkan panas.
d.
Program
dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti
FORTRAN, COBOL, ALGOL.
e.
Proses
operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi perdetik.
f.
Membutuhkan
lebih sedikit daya listrik.
g.
Mulai
digunakan disk storage (penyimpanan data).
Komputer generasi
kedua memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
a.
Ukurannya
relatif kecil.
b.
Tidak
banyak mengeluarkan panas.
c.
Telah
mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
d. Mulai mengenal Tele Processing (time sharing
yang memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara bersama-sama).
e. Proses relatif lebih cepat.
f. Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
3.
Generasi
Ketiga
Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan
kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar
menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam
pemakaian komputer.
Teknologi ini tentunya didukung pula oleh
kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardware maupun
software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC
(Integrated Circuit) dalam komponen komputer.
Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai
komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu
ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan,
bahkan semakin meningkatkan kinerjanya.
Pada bagian software, teknik-teknik pemprograman
jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi
berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360 adalah
beberapa contoh komputer pada generasi ini. Ciri-ciri komputer generasi ketiga
adalah sebagai berikut :
a.
Komponen
elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip.
b.
Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu:
BASIC, FORTRAN, COBOL.
c.
Sudah
menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari
satu multi programming dalam waktu yang bersamaan.
d.
Dapat
berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti
telepon dengan komputer.
Komputer
generasi ketiga memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
a.
Ukurannya
lebih kecil dari komputer generasi kedua.
b.
Mulai
mengenal Multi Programming dan Multi Processing.
c.
Adanya
integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi.
d.
Prosesnya
sangat cepat.
e.
Kapasitas
untuk menyimpan data lebih besar.
4.
Generasi
Keempat
Komputer generasi keempat adalah komputer
yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih
menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda.
Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputer lebih sederhana.
Pada periode ini berbagai IC disatukan
menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large
Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai
diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan
spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati
oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat
awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada
komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya,
seperti televisi dan microwave. Ciri-ciri komputer generasi keempat adalah
sebagai berikut :
a.
Komponen
elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan
VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan
kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip.
b.
Mulai
dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach
Research Computing Network).
c.
Program
dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL. Komputer generasi keempat
memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
a.
Ukurannya
relatif lebih kecil
b.
Sudah
menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
c.
Mengenal
DataBase Management System (DBMS).
5.
Generasi
Kelima
Pada masa ini
ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan
pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta
munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat
micro-processor adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi.
Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang
diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki
Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi
lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses,
mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Ciri-ciri komputer generasi kelima adalah
sebagai berikut :
a.
Komputer
generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak.
Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.
b.
Komponen
elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.
c.
Program
dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor).
d.
Komputer
generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan
Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk
melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
Komputer
generasi kelima memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
a.
Dapat
membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
b.
Dapat
menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain.
c.
Dapat
membuat pertimbangan-pertimbangan logis.
d.
Dapat
mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
e.
Dapat
memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan.
f.
Dapat
mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata,
misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
2.10. Pengertian Aplikasi Komputer
(Software)
Aplikasi berasal dari kata application yaitu
bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti
pengolah. Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas
perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk
melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utama perangkat
lunak aplikasi adalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar
media.
Kumpulan aplikasi komputer yang digabung
menjadi suatu paket biasanya disebut paket atau suite aplikasi (application
suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang
menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa
aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki
antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk
mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Umumnya aplikasi-aplikasi tersebut
memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi sehingga menguntungkan pemakai.
Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen pengolah
kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
2.11. Aplikasi Komputer (Software)
1.
Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi dari
microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks,
pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. Sekarang hampir semua
lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk
aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir
semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya. Dalam
perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu
keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di
antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office
2013.
Adapun fungsi dan kegunaan microsoft word itu sendiri
bervariasi atau bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi
utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti
pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk pengolahan kata. Ms word
berperan sebagai alat bantu user atau pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan
terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya.
Dengan semakin canggihnya tool microsoft word, fungsi
dari ms word pun tidak hanya terbatas pada pengolahan kata. Tabel
data word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomplit di ms
excel.
Dalam ms word baru misal seperti pada ms word 2010 dan
2013 ada tool baru untuk convert ke dalam file media lain, misal ; convert dari
file word ke PDF, atau program lain dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa
rekan manfaatkan dari ms word. Selain itu masih banyak lagi
fungsi yang bisa rekan temukan dalam ms word.
Manfaat
Microsoft Word memudahkan
menyelesaikan pekerjaan, menghemat waktu dari pada harus menulis dengan tangan,
menghemat kertas jika terjadi kesalahan hanya perlu diedit.
2.
Microsoft PowerPoint
PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk
presentasi yang
dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi
kantoran mereka, Microsoft Office, selain
Microsoft Word, Excel, Access dan
beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan
juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS,
meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak
digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer.
Dimulai
pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja
menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup
disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft
Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
Dalam
PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek
teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan
dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam
PowerPoint ini memiliki analogi yang
sama dengan slide dalam proyektor biasa,
yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang
mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat
dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah
dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web). PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan,
yakni Custom Animations dan Transition.
Properti
pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek
dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur
pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimasikan dalam
banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan
menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi
dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai
berikut:
*.PPT (PowerPoint
Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi
PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
*.PPS (PowerPoint
Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint
(termasuk PowerPoint 12).
*.POT (PowerPoint
Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi
PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
*.PPTX (PowerPoint
Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia
dalam PowerPoint 12.
3.
Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet
yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi
ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan
strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan
Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di
dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat
ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh
banyak pihak, baik di platform PC berbasis
Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian
dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam
paket Microsoft Office System 2007.
Microsoft
Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun
juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk
mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
4.
Adobe Reader
Adobe reader yang dulunya bernama acrobat reader adalah salah satu
perangkat lunak dari keluarga Adobe Acrobat yang dikembangkan oleh Adobe
system. Pengguna Acrobat Reader dapat membaca, memberi notasi, mencari,
verifikasi, menandai secara digital dan mencetak data dengan format Portable Document Format atau
PDF. Acrobat Reader didesain dengan layout menyerupai kertas konvensional.
Adobe Reader telah hadir lebih dari satu dekade dan merupakan aplikasi pembaca
data PDF pertama sehingga mudah digunakan. Adobe Reader adalah aplikasi pembaca
data PDF yang dapat membuka dan dan dikooperasikan dengan semua data PDF. Adobe
reader sudah mengeluarkan beberapa versi. Salah satunya adalah Adobe Reader 9.
Software Adobe Reader 9 adalah standar global untuk sharing dokumen elektronik.
Ini adalah satu-satunya penampil file PDF yang dapat membuka dan berinteraksi
dengan semua dokumen PDF. Gunakan Adobe Reader untuk melihat, mencari, digital
sign, verifikasi, mencetak, dan berkolaborasi pada file Adobe PDF. Adapun Kegunaan Adobe Reader
secara umum adalah :
a.
Immersive
Flash video, konten dan aplikasi dengan modus layar penuh.
b.
Low
bandwidth, video berkualitas tinggi dengan teknologi kompresi canggih.
c. Real-time efek dinamis dengan filter
untuk Blur, DropShadow, Glow, Bevel, Gradient Glow, Gradient Bevel,
Displacement Map, lilitan, dan Color Matrix.
d. Komposisi media yang inovatif dengan
8-bit video alpha channel.
e. Blend modes, radial gradient, dan
stroke perangkat tambahan.
f. Gambar tambahan format: GIF,
Progressive JPEG, dan PNG.
Aplikasi
diatas merupakan salah satu contoh aplikasi yang digunakan dalam dunia
pendidikan. Selain itu, dalam pembelajaran memanfaatkan jaringan komputer dan
Internet. Contohnya, distant learning, web-based interactive, quiz online dan
sebagainya.
Komputer kini adalah
sebuah benda elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari hari
manusia. Bahkan kini telah hadir komputer jinjing atau lebih dikenal dengan
sebutan laptop. Komputer telah menjadi bagian penting dari peradaban manusia
modern sekarang ini. Banyak sekali program yang dijalankan oleh komputer,
komputer telah mempermudah kehidupan manusia. Bahkan alat alat di rumah sakit
sudah banyak yang menggunakan komputer. Begitupun dengan peralatan yang ada di
instansti pemerintahan, sudah banyak yang beralih dari awalnya manual, kini
menggunakan komputer.
Dengan komputer,
proses penginputan nama dan lain lain menjadi mudah. Banyak sekali manfaat dari
komputer ini, seperti untuk menulis, mengedit gambar, bermain game, membuat
audio, membuat video, browsing di internet dan berbagai manfaat lainnya yang
sangat banyak sekali. Tapi apakah kamu tahu bahwa tanpa program aplikasi, maka
komputer tidak akan berarti apa-apa? Contohnya seperti yang telah saya tulis
diatas, untuk menulis maka kita membutuhkan program atau aplikasi, dan
aplikasinya adalah microsoft word. Untuk membuat video misalnya, tanpa aplikasi
edit video maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa membuat video. maka
agar kita bisa mengedit atau membuat video, kita perlu untuk menginstal program
aplikasi video, seperti windows movie maker dan adobe premiere.
1. Microsoft Word, program aplikasi ini memiliki fungsi
untuk menulis atau mengetik tugas, makalah dan lain sebagainya.
2. Microsoft Excel, program aplikasi ini memiliki fungsi
untuk membuat tabel data atau spreadsheets. Program ini akan sangat membantu
kamu dalam membuat tabel pengeluaran keuangan dan juga program ini memiliki
perintah otomatis atau rumus yang bisa memudahkan kamu dalam menghitung jumlah,
rata rata dan sebagainya.
3. Microsoft Power Point, program aplikasi ini memiliki
fungsi untuk membuat slide show untuk persentasi atau rapat dan juga untuk
halaman web.
4. Notepad, program aplikasi ini memiliki fungsi sebagai
tempat untuk menyimpan catatan.
5. Mozilla Firefox dan Google Chrome, 2 program aplikasi
ini adalah peramban web, yang berfungsi untuk menjelajahi internet.
6. Windows Movie Maker, program aplikasi ini mempunyai
fungsi untuk membuat atau mengedit video.
7. Adobe Photoshop, adobe photoshop adalah program grafis
yang bisa digunakan untuk mengedit gambar.
8. Paint, program ini bisa dipakai juga untuk mengedit
gambar atau bahkan dijadikan sebagai kanvas atau tempat untuk melukis.
9. Winamp. program winamp ini berfungsi untuk memutar
musik atau video.
10.
Windows Media Player,
program ini berfungsi untuk memutar video dan bisa juga untuk memutar musik.
11.
Smadav dan AVG
Antivirus, program ini berfungsi untuk mencegah masuknya virus ke dalam
komputer dan juga bisa untuk menghapus virus dari komputer.
12.
Remote Dekstop
Connection, program aplikasi ini berfungsi untuk terkoneksi dengan komputer
yang berada dimanapun dan bisa untuk mengakses file.
13.
Sound Recorder,
program ini memiliki fungsi untuk merekam suara.
14.
Connect To a
Projector, program ini memiliki fungsi untuk mengkoneksikan komputer kamu ke
proyektor melalui sarana kabel.
15.
Yahoo Messenger,
program ini memiliki fungsi untuk melakukan aktifitas chatting dan panggilan
video secara gratis.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang
mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
Sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Teknologi mempunyai
dampak negatif dan positif. Dampak negatifnya sudah banyak terlihat dan
masyarakat Indonesia harus dapat melewati tantangan era globalisasi.
Teknologi itu sama dengan sebuah pisau
yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang pertama bisa membawa
manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang dimiliki membuat
manusia mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif) sedangkan yang
kedua bisa membawa manusia ke dalam kesengsaraan yang disebabkan oleh
penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif). Oleh
karena itu, kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula
berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita menjalankannya.
Jadi dari beberapa untaian tentang
sejarah dan perkembangan komunikasi dapat disimpulkan bahwa Sejarah
perkembangan komunikasi diperkirakan sejak sekitar 4000 tahun SM. Sejak zaman
itu hingga sekarang, sejarah perkembangan komunikasi dapat dibagi dalam 4 era
perubahan: era komunikasi tulisan, era komunikasi cetak, era telekomunikasi,
dan era komunikasi interaktif.
Dapat
disimpulkan bahwa pada zaman dahulu berkomunikasi sangat sulit, berbeda dengan
zaman sekarang ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat
mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah.
Sesuai dengan perkembangan zaman teknologi komunikasi semakin berkembang dan
terus berkembang. Dengan adanya perkembangan yang semakin canggih kita dapat
mudah terhubung dengan daerah–daerah lain dengan cepat dan mudah dan teknologi
itu sama dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang
berbeda, yang pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala
kecanggihan yang dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang
(dampak positif) sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalam kesengsaraan
yang disebabkan oleh penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri
(dampak negatif). Oleh karena itu, kemajuan teknologi itu bisa berdampak
positif dan dapat pula berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita
menjalankannya.
Perkembangan
teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya
manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras
dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan
sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data.
Kebutuhan
akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini
bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di
bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di
bidang teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah
penduduk Indonesia. Keberadaan bisnis yang tersebar di banyak tempat dengan
berbagai ragam perangkat keras dan lunak mulai menyadari tentang betapa
pentingnya untuk mempercayakan dukungan bagi keberhasilan pengolahan data
komputernya kepada satu sumber yang dapat dipercaya.
Penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dalam pemanfaatannya hendaknya didasari oleh nilai-nilai keimanan
dan ketaqwaan, etika dan estitika, dan kearifan para pemakainya. Hanya
mengembangkan nilai-nilai seperti itu, dampak negative dari pemanfaatan
TIK khusunya internet dapat diminimalkan terutama bagi para generasi muda yang
masih dalam masa pertumbuhan dan pencarian identitas diri.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasanya,
komputer memiliki beberapa fase sebelum mencapai bentuk yang canggih
seperti sekarang. Yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan
pekerjaan kantor dan semacamnya dengan aplikasi dan program yang ada didalamnya.
Aplikasi komputer dalam bidang
pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual
(individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi
langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer
network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi
dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk
interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Karena
kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, kegunaan komputer pun berkembang ke
seluruh aspek kehidupan. Tidak sebatas bidang elektronik, komputer pun sekarang
sangat dibutuhkan pada bidang-bidang lainnya.
Adapun kesimpulan
dari makalah yang berjudul Teknologi Informasi Dengan adanya teknologi
informasi seluruh aktivitas belajar semakin dimudahkan dari segi materi
pendidikan, penilaian dan aktivitas belajar–mengajar didalam kelas maupun
diluar kelas.
1.
Teknologi
informasi memberikan waktu yang tak terbatas untuk memiliki pengetahuan yang
lebih (literature bacaan siswa atau mahasiswa) sehingga persaingan pendidikan
yang berstandar internasional pun dapat di cover, yang berakibat baik bagi mutu
pendidikan di indonesia dimana adanya kesetaraan mutu dan output sumber daya
terdidik antara dalam negeri dan luar negeri.
2.
Teknologi
informasi memberikan kemudahan akses ilmu (bahan bacaan) bagi mahasiswa dengan
biaya lebih murah dibandingkan dengan membeli buku dan kemudahan dalam
menyelesaikan pekerjaan bagi tenaga pengajar dan staff administrasi sekolah
dalam merekap nilai dan melayani administrasi peserta didik.
3.2. Saran
1. Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan baik di sekolah atau
perguruan tinggi menjadi hal mutlak mengingat kondisi permasalahan yang makin
kompleks. Pendidikan berbasis TIK hanya akan berhasil apabila dikelola dan
ditangani dengan terencana, sistematis, dan terintegrasi.
2. Perencanaan dalam
pemanfaatan TIK dalam pendidikan yang integratif meliputi kebijakan,
standarisasi mutu, infrastruktur jaringan dan konten, kesiapan dan kultur SDM
pendidikan menjadi penting untuk ditata dan dikelola dengan efektif dan
efisien.
3. Penyelenggaraan
pendidikan berbasis TIK melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh (e-Learning),
membutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya, pemerintah, swasta serta
masyarakat untuk mengalokasikan anggaran dan investasi pendidikan yang memadai.
4. Dalam penggunaan alat TIK diminta kepada
pengguna yang dibawah umur, harus ada bimbingan dari orang tua dan siswa disekolah
bimbingan dari guru.
5. Bagi para pengguna yang lain gunakanlah
sesuai dengan kegunaannya masing-masing.
6. Khusus bagi lembaga pendidik untuk dapat
memblokir situs-situs yang tidak boleh dibuka.
Daftar Pustaka
Abadi,
Iskandar. 2014. Sejarah Perkembangan
Komputer Generasi Pertama Sampai Sekarang(http://www.indoza*com/2014/03/sejarah-perkembangan-komputer-generasi.html)
19 Oktober 2016 Jam 20.30 WITA
Dartyanto.
2004. Belajar Komputer Visual Basic. Bandung: Yrama Widya.
Devisi
Penelitian dan Pengembangan MADCOMS. 2003. Dasar Teknis Instalasi Jaringan
Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.
Kristanto,
Andri. 2003. Jaringan Komputer. Yogakarta: Graha Ilmu.
Taharom
dkk. 2002. Dasar-Dasar Teknologi Inforamasi Yang Perlu Diketahui Oleh Semua
Pengguna Teknologi Informasi. Jakarta: Media Komputindo.
Makasih kak. Lumayan buat referensi tugas kuliah :)
BalasHapus